Saturday, April 4, 2009

Situ Gintung's Tragedy

Speaking about the latest tragedy happened, leaking of Situ Gintung's Dam.. iye bukan sii??

banyak hikmah kayanya ya yang bisa diambil darisini.. hmm i'm thinking that people's start to scream, yell, or anything to the government like "why is this happen to us??", "this is because the government didn't do their things right..", "where were the money go til the dam got leaked?? they don't use the fund to take a good care of it..".. yeah maybe they right, but they also wrong dude! I didn't look for a source telling what was the truth behind this tragedy, this is a tragedy I know that, but there's soo many possibility that caused this tragedy,

satu alasan yang paliinngg menjadi pikiran gw kali ini,, as usually indonesian people think, they blame it all to the government for this padahalllll mereka sendiri pun punya andil yang lebih besar dari kejadian ini secara mereka tidak sadari, khususnya untuk penduduk yang bermukim disana.
Logika yang paling mudah yang bisa gw pikirkan yaitu, tanggul Situ gintung itu dengan bijaksana dibuat pemerintah untuk mengendalikan debit dan aliran air di sekitar cirendeu agar tidak terjadi luapan air maupun banjir. Nah, semestinya sii sebagai manusia yang berakal dan bisa berpikir (yahh andaikan semua manusia Indonesia bisa seperti itu) udah bagus2 dibuatin tanggul, kenapa mereka yang bermukim disitu tidak merawatnya dengan baik?? malah dibuat tempat buang sampah, nyuci, buang air atau apapun yang nyatanya bisa menghambat kerja tanggul itu sendiri. pasti masih banyak hal2 jelek yang mereka lakukan koq, kenapa mereka malah menyalahkan pemerintah yang adanya nan jauh disana???? bukannya mereka berkaca pada diri sendiri, mengingat dan mengoreksi pada apa yang telah mereka lakukan terhadap lingkungan yang tiap hari merek tempati??

sebagai orang yang mecoba berpikir secara netral sii gw mengambil pemikiran sederhananya ya seperti ini. Memang mungkin di pihak pemerintahnya itu sendiri pasti ada lah satu dua hal yang yaaaa mengambil sedikit dari kepentingan orang banyak. tapi kita semua juga udah tau ngapain membahas soal pemerintah lagi, bosen juga kan.

kalau kita berkaca sebagai rakyat, gw sii sudah melihat banyak contoh ya org2 yang kerjanya mengotori lingkungan. liat aja di pinggir jalan, banyak kan orang2 yang buang sampah sembarangan, mostly sii, well sorry to say this, orang2 kalangan kurang mampu. pasti mereka biasa dalam melakukan hal tersebut karena mereka tidak cukup berpendidikan. tidak usah di pinggir jalan, di lingkungan kampus gw aja, yang katanya isinya orang2 yang genius, pinter, berpendidikan, nyatanya masi aja banyak yang melempar sampah kesana kemari seenaknya. berarti pendidikan moral mereka kurang dong. Hey malu lah sebagai orang yang diagung2kan tetua sebagai calon penerus bangsa yang hebat!! shame on your self! jangan menyebut diri kalian hebat kalau menjaga lingkungan sekitar aja ga bisa....

0 comments:

Post a Comment