Thursday, September 24, 2009

4.25 Subuh, insomnia, dan konflik

ohh udah jam segini?!

Di hari-hari normal biasanya, jam segini mah saya belom melek. Masih diatas bantal, merem, entah mimpiin apa, trus tinggal nunggu suara yang bangunin.
Hah, apa?? Kenapa skrg masih melek? nah itu dy saya juga ga ngerti. Ini insomnia pertama kali dalam hidup saya. Penyebabnya ya mana saya tw, bisa jadi karena saya habis sakit, atau karena obat sebelum tidur yang tadi malem saya minum mengandung efek samping insomnia?! Atau, yang lebih memungkinkan lagi, karena saya belom nguap sepanjang malem ini. Eh, jangan ketawa dulu, ini pengalaman saya lho. Dulu saya pernah 2 kali (seinget saya, lupa juga sii), kebangun tengah malem, kaki sakit tapi bukan sakit. Apa ya, geli geli ga geli tapi jadinya nyebelin karena ngeganggu tidur. Kaya ada angin kecil di dalam badan saya, nunggu dikeluarin lewat NGUAP. Itu mesti saya tungguin, paksain beberapa lama dulu baru nguapnya bisa kejadian. Baru deh saya bisa tidur nyenyak lagi. And this similar thing happen again now. Bedanya, nguapnya ini ga mw kluar2. Saya udah usahain merem lamaaaa bgt, baca doa berulang2, zikir, inget2 cerita2 apapun, tetep aja ga bisa tidur. In hours! i've tried to sleep in hours. Mana saya juga ga bisa ngapa2in, karena disorientasi arah menghadapi kamar gelap yang baru sekali saya inepin. Sigh. Bad night, very bad.

Konflik.

Hmm, yah.. Saya terkadang suka bingung sendiri sama diri saya. Suka ga ngerti. Eh, bukan maksudnya saya ga kenal diri saya sendiri. Tapi saya bingung sama perubahan drastis dan cepat yang saya alami yang terjadinya one in a million (one? lets say one, saya sering lupa kejadian yang dulu2). Bulan-bulan terakhir ini (lagi-lagi), kayanya memang memberikan pengaruh yang cukup besar buat saya. Pengaruh secara emosional sepertinya.

Saya ga tw kenapa jadi bersikap sangat apatis. Apalagi terhadap salah satu orang terdekat saya. Masa bodoh orang2 mw ngapain, mw serame apa, mw seseru apa, terserah! saya ga peduli! yang ada di pikiran saya, ya diri saya sendiri. Apa apa diri sendiri. Kontradiksi sama saya yang biasanya kalo kepentingan bersama bisa didahulukan, ya kerjain dulu. Sekarang ngga. Anything for my self. Terutama perkara waktu. Kegiatan saya skrg yg terbilang cukup padat ini menguras waktu yang cukup banyak. Waktu istirahat yang tersisa jadi tinggal sedikit. Biasanya mah saya dengan senang hati meluangkan waktu untuk ini itu dulu sebelum pulang. Sekarang? jangan harap! pulang dari kampus, kalo ada yang ngajakin makan ya makan dulu, trus langsung kosan! Ga ada tawar menawar, kecuali sayanya yang lama2 ga tega. Iya, saya jadi sangat into-my-self. Acuh sama dunia luar.

Ga tw kenapa saya jadi amat saaangat sensitif. Kebisingan yang sering terjadi di sekitar kuping saya jadi ga bisa saya tolerir. Orang2 yang kelewat bawel kalo udah ngobrol dan yang diobrolin udah ga jelas apa maknanya, orang2 yang suka cari perhatian dikit-dikit manggil trus ngomong hal yang sangat tidak penting, orang2 yg kalo ngomong suaranya kelewat gede padahal ga usah kenceng2 juga orang bisa denger jelas, dll. Saya jadi sangat ngerasa risih kalo digerecokin sana sini terus2an, dan ga penting! Ga penting, ga penting, ga penting! kalo ga penting jangan gangguin orang yg lagi ga mood..

Dan ga tw kenapa lagi, saya berubah jadi emosional. Biasanya saya selalu mikir 2x dulu baru bertindak. Nah skrg, semua yang menurut saya ga benar dan ga sesuai sama saya, saya spontan langsung bersikap kontra. Padahal kalo abis itu dipikir lagi, ga ada gunanya juga saya narik urat, toh kayanya yang saya semprot juga ga nangkep maksud saya apa, malah ujung2nya bisa jadi debat urat. Satu lagi, perihal orangtua-anak. yang namanya orangtua, makin lama makin kaya anak kecil, yang namanya anak, makin gede makin berasa dewasa. Niat mama saya baik, ngingetin saya buat ngelakuin ini itu, bawa ini itu, yah walaupun penyampaiannya sambil emosi juga gara2 sebelumnya pembantu di rumah bikin kesel setengah mati (emang ngeselin lho..). Tapi yang sekarang sering terlontar itu, adalah semua hal2 yang udah ada di otak saya, yang udah ter-plan dengan baik, dan akan saya lakukan sesuai waktu yang saya tentukan. Mama saya ini, terbiasa ngingetin saya bolakbalik ga berenti2, kalo saya ga lakuin, marah., kadang saya bilang "udah tw maa.." "dika tw maa.." Jadilah terdengarnya annoying di kuping saya-yang-lg-emosional ini. Jadi kesel sendiri. Sesuatu yang salah disini adalah, memang ga pernah ada kesempatan buat ngasih tw ke mama saya cara saya memanage diri sendiri. Kalo soal ceroboh sii, jangan dibahas disini.

Saya ga tw kenapa bisa begini. Kenapa yah? saya sendiri masih bertanya2. Apa karena saya yang biasanya sering nahan emosi?! jadinya membludak sekarang?! Atau karena sekarang memang saya sedang berada dalam posisi yang amat sangat sulit, tidak netral, tidak bisa mengambil keputusan dengan pikiran jernih, bingung harus mengikuti perasaan atau logika, bingung harus melakukan apa, mengambil langkah apa yang terbaik?! Jadinya berimbas kepada emotional actnya. What do you think? I seriously got no clue..



Satu hal yang paling saya tw. Karena satu sebab, saya jadi terpacu untuk lebih terfokus pada perkuliahan. Lebih ingin mendalami dan mengerti. lebih ingin tw banyak. lebih pengen coba macem2. Ingin mendapat hasil yang lebih dari yang pernah saya raih. Yang saya rasa sebenernya bisa saya lakukan dan bisa saya capai kalo dari dulu2 saya ga males. Tingkat kemalasan saya buat belajar itu melebihi males2 yang lain lho. Jadi inget dulu waktu jaman SD, ibunya temen saya nanya ke mama saya, "itu di rumah belajarnya gimana sih koq anaknya bisa pinter kaya gtu?", trus mama saya bilang "aduh, saya ini juga heran bu. Di rumah itu kerjaannya main terus bu ga pernah belajar, tw2 nilainya bagus." emang saya ga pernah belajar di rumah. paling H-1 ujian, itu juga 1-2 jam doang. haha.
Hal yang paling jelas dan terfokus yang sangat ingin saya lakukan sekarang adalah ini. Ga salah kan? above all the emotional stresses i'm having now, there's still a good thing that can make me feel alive.




Huff, i was just wondering, why I can be this complex?


Or maybe humans are?

0 comments:

Post a Comment