Wednesday, November 18, 2009

Amuba mau punya nilai bagus!

Suatu waktu ketika saya UTS,

ada satu momen dimana seseorang yang berada di dekat saya sebegitu ingin perfectnya jawaban dia, bertanya ke orang lain,

si Amuba: (setelah nulis panjang lebar nyaris satu lembar tanpa ada lowong, dan mengintip jawaban si cacing) eh cing, no. 3 pasal apa aja yang lo tulis? (...disini si Amuba beranggapan bahwa si cacing punya jawaban yg lebih oke karena menulis lebih dari satu pasal...)

si Cacing: Gw masukin pasalnya yang nyambung sama penjelasan yg gw kasih di atasnya lho. Emang punya lo sama sama gw penjelasannya?

si Amuba: hmm, ga tw. Udah deh apa aja pasalnya, bodo amat.

si cacing: haha.. pasal 27 sama 28.

si Amuba: oke! (kembali menulis)


yang bisa gw tarik darisini,
  1. Apakah jawaban yang lebih panjang dan banyak itu selalu menjamin nilai akan lebih bagus? Otoritas dosen.
  2. Pemikiran dari si Amuba ini, "wah si cacing nulis apaan tuh, koq banyak amat pasalnya. contek aja lah. kali nilai bisa lebih bagus." Keliatan sifat ga mau kalahnya, perfeksionis, dan sugesti yang saya bilang di no. 1 td.
  3. Goal si Amuba, apapun yang terjadi nilai gw harus bagus. Perkara ngerti konsep atau ngga nya, nanti dulu.
  4. Tarikan dari no. 3, nilai adalah prioritas utama.

apakah nilai itu segala-galanya?? Memang benar parameter untuk menentukan tingkat pemahaman seseorang itu adalah nilai. ngerti. Tapi lama-lama mindset orang jadi berubah. Apalagi untuk orang yang ambisius. Dia bakal melakukan apa aja hanya demi nilai.

Padahal kalo kita pikir lebih jauh lagi, semua yang sudah dipelajari waktu kuliah itu, nanti akan dibawa ke kenyataannya di lapangan. Syukur-syukur kalo kerjaannya ga berhubungan sama apa yang kita pelajarin. Kalo kerjaan yg didapet menuntut konsep dan keahlian di bidangnya? Mati kutu.

Nilai jelek itu kadang emang bikin dongkol, tapi penilaian orang terhadap kinerja kita yang buruk?? Lebih kejam lagi kan... Belum ditambah caci makian, sindiran, omelan, dll. Aaahh menohok!


Jadi...
mendingan nilai atau penilaian??

0 comments:

Post a Comment